Pages

Jumat, 21 Oktober 2016

Pengenalan Tinta Jenis Sublimation


Tinta Sublime atau lebih dikenal dengan sebutan tinta sablon merupakan tinta khusus yang digunakan
untuk mencetak gambar dan ditransfer dengan menggunakan mesin heat transfer ke media seperti baju, tas, keramik, mug, dan lainnya.
Tinta Sublime adalah tinta berjenis pigment yg memiliki konstruksi dan struktur bahan yang disesuaikan untuk kemampuan transfer.

Tinta Sublimation walaupun diperuntukkan untuk printer inkjet biasa, namun dikembangkan bukan oleh pabrik pembuat printer. Kebalikan dengan Tinta Inkjet Biasa yang dikembangkan oleh pabrik pembuat printer. Tinta Sublimation ini dikembangkan oleh pihak lain yang memanfaatkan teknologi inkjet untuk keperluan komersial. Dengan menggunakan tinta ini, maka proses sublimation, yaitu proses padat langsung menjadi gas, bisa dipindahkan untuk memindahkan gambar yang dicetak dengan tinta sublime ke bahan lain (kain, keramik, polyster, dsb) setelah dipanasi dengan mesin pemanas. Keuntungannya dengan proses sublimasi ini, printer personal bisa menjadi mesin komersial dengan harga yang terjangkau. Aplikasi hanya khusus untuk Printer EPSON. Menggunakan kertas HVS, Inkjet Paper, Transfer Paper dan sebagainya. Jadi yang mentransfer ke kaos adalah tintanya. Setting print menggunakan Mirror. Sehingga disini kertas hanya sebagai perantara untuk bantuan pemindahan hasil cetakan sablon.

KEUNGGULAN & KELEMAHAN TINTA SUBLIME DENGAN TINTA JENIS LAIN :
  1. Tinta sublime pada umumnya berbahan dasar minyak bukan air seperti tinta jenis Dye.
  2. Hasil cetak tinta sublime tahan lama dan tidak mudah luntur ( baik indoor /outdoor ).
  3. Hasil cetak tinta sublime lebih banyak ( hemat ) dari pada tinta Dye.
  4. Hasil cetak tinta sublime cepat kering dan dapat langsung digunakan.
  5. Tinta sublime dapat digunakan mencetak pada media : kain,keramik,logam dll.
  6. Pada saat penggunaan tinta ini kondisi printer harus dalam keadaan menyala ( baik digunakan maupun tidak digunakan) untuk menghindari mampet pada print head, dikarenakan tekstur tinta sublime lebih kental dibandingkan dengan jenis tinta lain.
  7. Warna hasil cetak pada kertas sedikit mengalami penurunan hasil / gelap tetapi tidak mempengaruhi pada hasil akhir ( pada media cetak ).

 Semoga bermanfaat.

www.tukangtinta.com



    Related Posts by Categories

    0 komentar:

    Posting Komentar